Selasa, 02 Oktober 2012

Ketika Cobaan Hidup Menghadang

Setiap manusia didunia akan senantiasa dicoba dan diuji oleh Allah Yang Maha Agung..Setiap kesalahan kita hakikatnya adalah menunjukkan jatidiri kita sebagai hamba yang sebenarnya..yang lemah penuh dengan kealpaan dan kekhilafan..

Begitulah..bila tak ada manusia yang bersalah maka tak ada lagi gunanya manusia diciptakan didunia atau dengan kata lain..manusia memang diciptakan untuk berbuat kesalahan..

Tapi bukan berarti kesalahan demi kesalahan ,dosa demi dosa terus kita tumpuk dan pupuk hari demi hari bahkan detik demi detik dengan alasan diatas. Sungguh Allah tidaklah rugi jikalau seluruh manusia dan bangsa jin serta syaitan bahkan malaikat sekalipun durhaka kepada-Nya, Allah tidaklah rugi..pun jikalau seluruh bangsa manusia dan bangsa jin dari mahluk yang pertama kali diciptakan hingga sampai manusia yang terakhir menjadi mahkluk yang paling taat kepada Allah , tidaklah ketaatan itu akan menambah perbendaharaan Kekuasaan Allah sedikitpun...

Manusia bagaikan hari-hari kata tabi'in agung Hasan al Bashri rh, setiap berlalu hari itu berlalulah sebagian dari kalian..yah benar sekali perkataan beliau, waktu yang sedikit bisa terasa lama atau cepat tergantung dari kita yang me'menej'nya. Dan beruntunglah orang yang bisa 'menguasai' waktunya.

Sungguh cobaan akan senantiasa menghampiri kehidupan kita, walau beda tingkatan cobaan dan persepsi serta cara menghadapinya, manusia yang beriman insya Allah faham jikalau cobaan itu sebenarnya merupakan wasilah Allah untuk menaikkan 'derajat keimanan ' kita sebagai seorang muslim.

Teringat aku akan tips dari Ust.Yusuf Mansyur, mengenai sikap kita saat cobaan menerpa..beliau menyarankan..kalau kita mengadu..mengadulah pertama kali  kepada Allah, dalam sholat malam,dalam do'a-do'a kita, berusahalah sabar dan sabar sehingga kita akan terbiasa sabar sehingga bukan tidak mungkin kita akan naik ketingkatan Ridho akan segala ketentuan Allah...dan ini lah sebuah tingkatan yang tertinggi dalam menghadapi cobaan-Nya.

Tingkatan yang semua manusia beriman sangat mendambakannya....sebagaimana hamba yang  diisyaratkan dalam QS Al Fajr 27-30.  Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar